Pages Navigation Menu

Lembaga Kajian, Bahasa & Agama Islam

Tentang LKBAI

Berbeda dengan LPPM yang hampir setiap Perguruan Tinggi ada, namun LKBAI merupakan sebuah lembaga yang menjadi ciri khas STIKes Madani Yogyakarta dalam mencapai visi dan misi STIKes Madani Yogyakarta. Sesuai dengan namanya, maka lembaga ini memiliki tugas yang utama yaitu untuk memantapkan bahasa, terutama bahasa Arab dan Bahasa Inggris dan pendalaman agama islam pada setiap mahasiswa.
Oleh karena itu, LKBAI bertugas menyusun dan menelaah kurikulum bahasa serta mengevaluasi pelaksanaannya dan menyesuaikan dengan kurikulum yang ada disetiap prodi baik Keperawatan, Kebidanan dan Farmasi. Sedangkan untuk pendalaman agama islam selain dengan kegiatan kajian yang terstruktur, disusun pula kurikulum hafalan Al-Quran minimal juz 30 dan surat-surat pilihan yang harus diselesaikan oleh mahasiswa selama menempuh pendidikan di STIKes Madani Yogyakarta.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa setiap mahasiswa mendapatkan ilmu diniyah sebagai bekal kehidupan dunia dan akhiratnya, kemudian semua kegiatan yang diselenggarakan oleh LKBAI akan tercatat pemantauannya setiap individu mahasiswa yang dibuktikan dengan nilai yang dikeluarkan oleh Dosen  LKBAI yang dicatat dan dicetak oleh Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) setiap akhir semester. Adapun bagi mahasiswa yang akan melaksanakan yudisium wisuda maka yang bersangkutan harus telah memiliki sertifikat yang diterbitkan LKBAI sebagai bukti telah lulus materi Bahasa dan Agama Islam.
Lembaga ini (LKBAI) sebagai wujud komitmen STIKes Madani Yogyakarta dalam menjaga mahasiswa yang berkualitas kehidupannya baik dunia dan akhiratnya sebagaimana tertuang dalam visi yakni ”
Menghasilkan tenaga pendidikan yang berakhlak mulia, professional, dan sanggup mendakwahkan islam sesuai Manhaj Salaf serta mampu menghadapi persaingan global pada tahun 2020″.